Wajib Tahu! Inilah Efek Negatif Begadang bagi Wanita

Begadang jangan begadang, adalah penggalan lirik lagu Rhoma Irama yang sangat populer hingga kapan pun. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan begadang yang sangat buruk bagi kesehatan, baik untuk pria maupun wanita. Pada Artikel kali ini, Angeladi akan membahas mengenai efek negatif sering begadang bagi wanita yang nyatanya masih menjadi perkara yang kerap diabaikan. Ada banyak hal yang menjadikan alasan seseorang rela begadang, mulai dari tuntutan pekerjaan, hingga memang sulit untuk tidur atau insomnia.

Perbedaan akan sangat terasa ketika kita dapat tidur dengan waktu yang cukup. Ketika kita kekurangan waktu tidur, maka salah satu efek negatif ialah membuat tubuh akan menjadi terasa mudah pegal-pegal. Hingga masalah kesehatan yang memang belum tampak saat itu.

Meski sering diremehkan, hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi kita untuk menghindari atau mengurangi waktu begadang. Agar kita lebih waspada, maka kami akan berikan beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh yang diakibatkan oleh kekurangan tidur.

Berbagai Efek Negatif Sering Begadang Bagi Wanita

Tidur cukup bisa membantu metabolisme yang ada pada dalam tubuh, selain itu bagi kecantikan juga bisa memiliki manfaat penting yaitu mampu membuat wajah menjadi tampak lebih fresh setiap hari. Jika kualitas tidur dapat terjaga dengan baik, semua kegiatan yang akan dihadapi pada siang harinya juga akan berjalan dengan baik.

Namun kenyataannya saat kita menjadi semakin dewasa, waktu tidur seseorang akan semakin berkurang. Ada banyak pekerjaan yang mengakibatkan jam tidur tersebut mengalami banyak perubahan. Meski sering diabaikan, sebenarnya kekurangan waktu tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan seseorang.

Ada banyak sekali efek negatif dialami oleh orang yang sering begadang, khususnya bagi wanita. Apalagi jika siangnya kita juga tidak dapat tidur di tempat kerja. Bagi kebanyakan orang selalu berkata untuk mengatasi kebiasaan begadang cukup sulit. Contoh saja jika kita dapat tidur di jam siang, maka hal itu dapat membuat kita mudah untu terbangun saat tengah malam.

Setidaknya untuk wanita dewasa membutuhkan tidur selama 7 hingga 9 jam, agar tubuh tetap segar dan bisa menjalani banyak kegiatan. Jika waktu tidur Anda tidak ideal, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan

Nah, karena hal tersebut, kami akan memberikan beberapa contoh efek negatif lain yang bisa dialami oleh orang sering begadang, khususnya bagi wanita. Kami harap jika Anda sudah tahu apa saja akibatnya, maka bisa mulai untuk berhenti maupun mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

Berat Badan Gampang Naik Karena Sering Begadang

Jika kita memiliki kebiasaan yang sering tidak tidur secara teratur, tentunya akan membuat tubuh menjadi membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak, sehingga kita akan lebih mudah lapar. Bahkan jika kita ketahui lebih dalam, efek negatif begadang juga masuk dalam penyebab utama obesitas.

Tidur bisa membantu mengontrol leptin dan ghrelin. Hormon tersebut bisa mengontrol rasa lapar dan kenyang. Jika memiliki kebiasaan begadang maka kadar leptin dalam tubuh akan berkurang, sehingga mempengaruhi tubuh menjadi lebih mudah untuk lapar.

Efek Negatif Begadang Bagi Wanita, Kulit Menjadi Tidak Sehat

Jika kita sering begadang maka kulit akan menjadi mudah kusam. Jadi jika kita menginginkan impian untuk memiliki kulit yang tampak lebih cerah dan natural, jangan harap terwujud jika pola tidur masih tidak diatur dengan baik. Selain itu, begadang juga akan mempercepat penuaan dini, loh.

Jika sering begadang maka tubuh akan lebih mudah untuk melepaskan banyak hormon. Jika hormon kortisol (hormon steroid dari golongan glukokortikoid) meningkat maka akan mengganggu proses kolagen dalam kulit. Bila sudah begitu, maka dapat membuat kulit kita akan susah menjadi halus.

Mengakibatkan Masalah Kesehatan Serius

Efek negatif begadang bagi wanita sebenarnya sangat perlu dihindari. Karena secara umum begadang memang akan sangat banyak merugikan tubuh, sebab bisa mengakibatkan resiko terkena penyakit tertentu yang jelas akan membahayakan nyawa.

Ada banyak penyakit yang bisa terjadi akibat kekurangan tidur, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung dan detak jantung menjadi tidak stabil. Jika kita sering begadang dan merasakan hal aneh dalam tubuh, sebaiknya periksakan ke dokter.

Mempengaruhi Sistem Saraf Pusat

Sistem saraf pusat merupakan tempat menyimpan informasi utama dalam tubuh. Tidur cepat memang penting untuk merangsang syaraf dalam tubuh dengan baik.

Namun jika kita sudah menderita insomnia kronis bisa menghambat syarat dalam tubuh untuk memberikan informasi.

Jika begadang terus dilakukan maka akan membuat otak menjadi lebih cepat lelah. Sehingga membuat kita mengalami penurunan daya ingat dan tidak bisa mengingat dengan baik. Bahkan kondisi ini juga bisa mempengaruhi mental dan emosional seseorang.

Kekebalan Tubuh Berkurang

Efek negatif begadang bagi wanita ini sangat perlu diwaspadai. Jika kita tidur maka tubuh akan menghasilkan zat yang berfungsi sebagai antibiotik. Sehingga kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Tubuh diri kita akan merasa lebih cepat lelah, dan tidak tahan dengan berbagai kondisi. Hal ini menjadikan tubuh akan drop dan mudah sakit. Tidur harus selalu dijaga agar tidak terserang efek negatif sering begadang bagi wanita.

 

Comments are closed.