Pemain Skateboard Wanita yang Handal dan Keren

sumber: IG @pamelarosaskt

Pemain Skateboard Wanita yang Handal dan Keren. Pemain Skateboard dikenal identik dengan lelaki, karena olahraga ini termasuk salah satu olahraga ekstrem. Meski ekstrem, olahraga ini banyak di minati karena tidak sesulit olahraga ekstrem lainnya.

Skateboard sendiri merupakan olahraga yang menggunakan papan luncur beroda dan berjalan lurus. Pertama kali ditemukan di California oleh peselancar Frank Nasworthy pada tahun 1940an. Pemain skateboard biasa disebut sebagai skateboarder atau skater.

12 Pemain Skateboard Wanita Profesional Berprestasi

Bermain skateboard dapat menjadi salah satu olahraga pilihan untuk menghilangkan stress. Selain itu, permainan skaterboard termasuk dalam olahraga aerobik. Karena menurut penilitian, seorang skater memiliki detak jantung rata-rata 140 hingga 160 kali tiap menitnya. Olahraga ini juga mampu membantu skater dalam membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Menurut penelitian lain, satu jam bermain skateboard dapat membakar sekitar 150 hingga 500 kalori. Bermain skateboard juga dapat melatih keseimbangan, melatih kesabaran, melatih ketekunan, meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan fisik untuk setiap Skater.

Di era sekarang, olahraga skateboard mulai banyak digemari oleh wanita. Berikut kami ajak pembaca untuk mengenal beberapa skater wanita profesional tingkat dunia.

1. Lizzie Armanto

Lizzie Armanto berasal dari Santa Monica, California. Memulai terjun dalam dunia profesional skateboard pada tahun 2007. Wanita berambut ikal ini disebut-sebut sebagai salah satu skater wanita terbaik dari U.S.

Kemampuan skater Lizzie Armanto sudah banyak diakui oleh legenda skateboard dunia lainnya, seperti Steve Caballero, Bucky Lasek, dan Tony Hawk. Mereka semua memiliki pendapat yang senada tentang Lizzie, bahwa dia  bisa menjadi inspirasi bagi skateboard wanita dunia.

2. Pamela Rose

Pamela Rose merukan wanita kelahiran Brazil yang mampu membuktikan jika dirinya merupakan salah satu sakteboard wanita terbaik di dunia saat ini. Di usianya yang masih 15 tahun, dia sudah berhasil meraih medali perak di ajang skateboard bergengsi X Games tahun 2014, dan mengalahkan seniornya Leticia Bufoni.

Sampai saat ini, Pamela masih aktif bermain skateboard dan sudah berhasil meraih 4 medali emas dari beragam ajang skateboard wanita dunia.

3. Cara-Beth Burnside, Pemain Legenda Skateboard Wanita dunia

Cara-Beth Burnside, merupakan salah satu wanita pelopor atlet olah raga ganda, yaitu menjadi pemin atlet skateboard profesional dan pemain atlet snowboarding profesional. Dia juga merupakan presiden pertama dari “Alliance Action Sports“.

Prestasinya dalam dunia Skateboard wanita tidak perlu diragukan lagi. Burnside telah memenangkan lebih dari 16 gelar dalam kompetisi profesional Skateboard wanita.

Dia menjadi skater wanita profesional pertama yang memiliki sepatu skateboard khas. Selain itu, dia juga muncul di dalam film dokumenter “Not Bad for a Girl“.

4. Leticia Bufoni

Leticia Bufoni adalah skater wanita cantik kelahiran Brazil. Dia merupakan salah satu skater wanita terbaik yang ada di dunia. Namanya sudah banyak dikenal oleh pecinta skateboard dunia sejak tahun 2007 di ajang X Games.

Karirnya sangat meningkat di dunia skateboard sebagai salah satu skater wanita terbaik. Salah satu kesuksesan di dalam karirnya ialah ketika Leticia berhasil mendapatkan 3 medali emas di tahun yang sama pada kompetisi X Games. Hal itu menjadikan Leticia Bufoni sebagai satu-satunya pemain skateboard wanita yang mampu meraih 3 medali dalam tahun yang sama hingga sekarang.

5. Alana Smith

Alana Smith, merupakan skater wanita kelahiran Mesa, Arizona. Di dalam dunia skateboard wanita, dia mampu melakukan trik Mc Twist saat usianya masih 11 tahun. Setahun setelahnya, Alana Smith berhasil menjadi peraih medali termuda sebagai skater wanita di ajang X-Games.

6. Elissa Steamer

Elissa Steamer, di dalam dunia skateboard nama dia tentu tidak asing. Wanita kelahiran Fort Myers, Florida ini muncul di dalam game Tony Hawk Pro Skater.

Karirnya sebagai pemain skateboard wanita terbilang cukup cemerlang, dengan raihan 4 medali emas di ajang Summer X Games.

7. Vanessa Torres

Vanessa Torres lahir di Anaheim, California adalah pemain skateboard wanita profesional. Muncul pertama kali di tahun 2003 dalam ajang X Games dan keluar mendaptakan medali emas setelah menjadi juara pertama.

8. Nora Vasconcellos

Nora Vasconcellos merupakan pemain skateboard wanita pertama yang berhasil bergabung dengan tim Adidas. Hanya dalam waktu lima tahun, Nora berhasil menjadi skaters pro dan memenangkan Kejuaraan Dunia.

9. Patti McGee

Patti McGee adalah seorang legenda dalam dunia pemain skateboard wanita. Hal ini dibuktikan setelah dia menjadi juara Skateboard Wanita Nasional Pertama di tahun 1964. Dia juga berhasil mencatatkan rekor dunia sebagai Skaters wanita tercepat pada tahun 1964 di ajang Dick Clark’s World Teen Fair.

10. Sabre Norris

Sabre Norris merupakan skater muda yang berasal dari australia. Di usia 9 tahun, Sabre berhasil melakukan trik 540. Dia menjadi salah satu pemain skateboard wanita di dunia yang berhasil melakukan trik ini di usia muda.

11. Bunga Nyimas Cinta

Bunga Nyimas Cinta adalah pemain skateboard wanita asal Indonesia. Di usia yang terbilang muda, dia berhasil menarik perhatian kalangan Skater tanah air. Pasalnya, Bunga berhasil meraih medali di ajang Asian Games 2018. Setahun setelahnya, Bunga juga berhasil meraih dua medali yaitu perak dan perunggu di ajang Southeast Asian Games.

12. Sky Brown

Sky Brown merupakan pemain skateboard wanita kelahiran Miyazaki, Jepang. Dia merupakan keturunan Inggris dan Jepang. Dalam ajang Olimpiade 2020, dia menjadi atlet Skateboard wanita termuda.

Sky memulai karir di usia 8 tahun di ajang Vans US Open dan menjadi pemain skateboard wanita termuda. Prestasinya dalam dunia Skateboard terus berlanjut hingga saat ini.

Di tahun 2019, Sky berhasil meraih perunggu dalam ajang World Championship yang diadakan di Sau Paulo. Setahun setelahnya, Sky kembali berhasil meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Terbaru, sky berhasil meraih medali Emas dalam ajang bergengsi X Games yang diadakan di California.